-->

Braina, 'Asisten' saat Kamu Bermain Komputer yang Serbabisa!




Di saat jenuh beraktivitas di dunia nyata maupun maya—tugas-tugas yang menumpuk dan dikejar deadline, bikin presentasi, ataupun bermain game, kamu layak mendapat rihat sejenak. Salah satu solusinya adalah dengan mencicipi perangkat lunak yang satu ini.

Braina Adalah , pendamping kegiatan bermain komputermu yang serbaguna. Ia merupakan asisten digital (digital assistant) untuk komputer personal (PC) dan ponsel cerdas. Perangkat ini ditenagai artificial intellegence (IE) yang memungkinkan penggunanya berinteraksi, seperti memberi perintah, menanyakan sesuatu, dan lain sebagainya. 

Perangkat serupa yang lebih dahulu menongol ialah Cortana. Kalau kamu melek di ranah teknologi, tentu tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Hanya saja, untuk menjajal Cortana kamu harus menggunakan sistem operasi (OS) terbaru dari Microsoft, tak lain ialah Windows 10. Sayangnya, bagi sebagian orang harus "mengelus dada" lantaran tak semua PC menyanggupi OS ini. Tetapi jangan sedih jangan bimbang, bila tak bisa renggut Cortana, masih ada Braina yang enggak kalah istimewa buat kamu.

Bagaimana cara memasangnya? Apa saja yang bisa dilakukannya? Berikut ulasannya...

Lima fitur utama Braina, perangkat lunak serbaguna


1. Speech to text, mengobrol bersama Braina

Layaknya manusia, perangkat yang dirilis oleh Brainasoft ini dapat kamu ajak ngobrolsecara vokalBersamanya, kamu dapat bercengkrama perihal tertentu. Bahkan, disediakan lebih dari 25 bahasa populer di jagat raya, termasuk bahasa Indonesia. Hal ini ditujukan untuk membuatmu makin enjoy bila merasa kurang fasih berbahasa Inggris. Akan tetapi, dukungan terhadap bahasa Indonesia masih belum terlalu memadai.

2. Cari informasi di Internet tanpa ribet

Ini adalah fitur terbaik dan tersukses yang diusung Braina. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat dengan mudah menelusuri informasi apa pun yang kamu mau. Braina akan googling alias cari di Google seraya memberitahu jawabannya ke kamu yang dikutip dari sumber terpercaya.

Sewaktu-waktu, perangkat ini bisa tidak mengerti atau tidak tahu jawaban dari pertanyaan yang kamu lontarkan. Apabila kamu mengetahuinya, kamu bisa kasih tahu ke Braina, dia akan mengingatnya. Ketika kamu menanyakan hal serupa, Braina akan merespons sesuai jawaban yang kamu kasih sebelumnya.


Musik telah jadi gaya hidup bagi hampir seluruh umat manusia. Hal ini menjadi sudut pandang tersendiri bagi Braina. Dengan kepiawannya ia dapat melantunkan lagu kesukaanmu. Kamu cukup memberikan judul lagu yang diinginkan, maka Braina akan membuka berkas lagu tersebut yang berada di komputermu.

Ini contohnya:
  • Hi Braina! Please play Rachel Platten - Fight Song
  • Play Ariel Separuh Aku

Pernahkah kamu melewatkan suatu agenda karena kelupaan? Memang, perihal ini sering dialami khalayak ramai, terutama bagi mereka yang diterpa kesibukan. Braina hadir memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Kamu hanya perlu menyuruhnya untuk mengingat acara yang bakal kamu datangi dalam waktu dekat.

Untuk tujuan tesebut, berikut beberapa perintah yang bisa kamu lontarkan:
  • Set alarm at 8:30 PM
  • Please remind me to visit my Grandfather's house by 15 August at 10:AM.

Mungkin inilah salah satu kelebihan Braina yang diminati para pelajar di seantero dunia. Ya, kamu dapat memberi pertanyaan dari tugas-tugas matematika ke Braina. Dia akan dengan cepat menghitung dan memberikan jawabannya buat kamu.

Contoh perintahnya seperti ini:
  • 1+10-100-10+65
  • (10*3 + 10*3) / (10 - 7)
  • Is 23 a prime number?

Beberapa kode yang perlu kamu ketahui:
  • Gunakan (*) untuk mengalikan bilangan.
  • Gunakan (/) untuk membagi bilangan.
  • Gunakan (+) untuk menjumlahkan bilangan.
  • Gunakan (-) untuk mengurangi bilangan.
Sebetulnya masih terdapat begitu banyak fitur yang dimiliki Braina, enggak mungkin kalau disoroti satu-persatu. Kalau penasaran mencobanya, kamu bisa unduh versi gratis perangkat ini di https://www.brainasoft.com/braina. Tersedia juga versi PRO dengan fitur yang lebih bejibun tentunya.
Contoh blog